Archive for October 2nd, 2016

Jarik Batik di Kamarku

October 2, 2016

Hari ini di peringati sebagai hari batik nasional, selain pengakuan dunia international dengan keberadaan budaya asli yang kita miliki ini, batik adalah sumber kasih sayang yang berbagi dengan tulus dan memghangatkan.

Saya menyimpan batik yang sengaja saya bawa dari rumah semenjak pergi ke Jakarta dan mulai mencoba mandiri. Salah satunya sudah robek, yang lain sisa semasa Abby masih kecil sudah jadi alas buat setrika baju. Namun masih ada dua batik yang setiap malam selalu menemani kami berdua tidur, seingat saya itu adalah batik ya g ki bawa setelah kami menikah, maksudnya setelah acara adat ala-ala di kampung, saya meminta batik itu untuk dibawa ke Jakarta. 

Saya mengingat kain jarik kalau orang Jawa bilang karena kain ini digunakan sebagai bagian pakaian yang menutup bagian bawah para wanita. Dulu masih sering melihat Mbah saya dan mbah-mbah yang jualan di pasar desa mereka pakai kain jarik alias kain batik ini jadi baju dan juga bagian budaya yang masih hidup. Sekarang kayaknya sudah susah nyarinya. 

Saya menyimpan kain batik ini dan sering di jadikan selimut kalau malam. Selain adem dan nyaman juga selalu menjadi penhingat kasih sayang ibu saya. Kengatan pelukannya nggak bisa saya rasakan tiap hari tapi paling tidak kain jarik batik ini selalu menemani.

Selamat hari batik, maturnuwun Bu jariknya!