Archive for the ‘info’ Category

Empati si Abby

August 29, 2015

Wikipedia Bahasa Indonesia mendefinisikan Empati sebagai berikut Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

Jumat yang lalu Maminya Abby mengikuti pertemuan orang tua murid dan guru di sekolahnya Abby. Setelah pertemuan selesai kemudian dilanjutkan dengan pertemuan guru kelas masing-masing. Dalam pertemuan itulah guru kelas Abby bercerita kalau Abby anaknya penuh semangat dan selalu rajin di dalam kelas. Satu lagi dia senang sekali memberi dorongan semangat teman-temannya, kebetulan di samping kanan dan kiri tempat duduknya setiap kali melakukan tugas dari bu guru mereka sering terlambat selesai dan menangis, nah…si Abby kemudian senang memberi semangat supaya teman-temannya bisa selesai. Bagian yang lucu adalah kalau dia beberapa waktu yang lalu malah sering yang telat selesai kerjaannya karena terlalu peduli dengan teman-temannya yang menangis sampe lupa kalau kerjaannya sendiri belum selesai.
Terlalu ber-empati kali ya? Hahahahaha, tapi nggak apa-apalah, untungnya masih bisa kita ingatkan, supaya besok-besok lagi jangan sampai lupa menyelesaikan tugasnya sendiri.

Intisari-online.com memberikan beberapa cara menumbuhkan sikap empati pada anak seperti ditulis di dalam buku All About Kesehatan Anak.

1. Membiasakan anak untuk mengucap kata-kata ajaib seperti terima kasih saat dibantu, maaf saat merasa bersalah, dan tolong saat minta bantuan.

2. Membiasakan anak untuk berkata baik, sopan, dan optimis.

3. Memberikan contoh kepada anak untuk selalu menghormati orang lain tanpa memandang derajat, harta, dan pangkat.

4. Mengajak anak ke panti asuhan, panti jompo, dan rumah singgah anak terlantar untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

5. Mengajak anak ke kebun binatang, kebun raya, dan berkemah ke tempat kita bisa lebih dekat dengan alam sehingga menumbuhkan peribadi peduli.

Jika anak diajarkan untuk memiliki empati yang lebih baik maka mereka akan memiliki sifat peduli dan kepekaan terhadap orang lain. Dengan empati nantinya anak-anak akan belajar komunikasi, juga sosialiasasi dan menjadi mudah beradaptasi dengan sekitarnya.

Semoga kamu nanti lebih berbahagia, bijaksana dan peduli ya Mbi. Papie tahu kamu punya bekal empati yang baik dalam hidupmu.

Advertisements

Waktu Tempuh

August 22, 2015

Yang terjadi hari ini nih:
Cinere Residence
05.00 bangun,
06.30 berangkat,
07.45 studio 1 CBN Cikarang
08.00 ruang ganti/rias–script reading, touch up, wardrobe
10.00 taping modul 1
13.00 makan siang
14.00 taping modul 1 lanjutan
15.30 break kopi n pisang goreng
16.00 taping modul 2
19.30 bungkus! receipt signing, contract, bawa pulang makan malamnyaaah
21.45 nyampe lagi Cinere Residence
22.30 main dikamar sama Abby
23.00 mandi

Thanks God, mau bilang apa lagi…itu yang terbaik!

Memori Yang Rusak

August 4, 2015

“…Dan terjadi lagi, kisah lama yang terulang kembali…” Hadeeeuuuuh, seperti lagunya mas Ariel saja kejadian hari ini. Pernah saya tulis sebelumnya sih diblog tentang hilangnya seribuan foto saya di kartu memori henpon blekberi saya. Eh iya, jadi judulnya itu bukan memori atau kenangan tentang suatu hal, tapi memory card, kartu buat nyimpen foto dan data-data di henpon.

Nah, dari pagi sudah ada tanda-tanda beberapa kali kok ada tulisannya memory card tidak terkoneksi dan di aplikasi Whatsapp juga tiba-tiba muncul memory card full and disabled, nah…saya cek beberapa kali masih bisa buka foto-fotonya. Sayangnya saya tidak cepat tanggap untuk segera menyalinnya di laptop padahal pagi tadi lagi update antivirus sekalian mestinya bisa. Yaaah, namanya juga saya pikir aman jadi ya nggak terlalu mengganggu. Tapi ternyata setelah mulai kerja muncul lagi tulisan-tulisan itu. Saya masih diamkan. Pas istirahat makan siang baru saya bisa buka lagi, saya coba untuk dicabut dan dibuka manual pake laptop, ternyata tetap tidak mau, tidak bisa dan ….yaaah sudahlah. Saya menganggapnya mungkin sudah saatnya dia meninggalkan saya, meninggalkan kenangan dan sisa-sisa foto yang terambil diberbagai momen disana.
Sebelum pulang saya sempat cerita dengan teman, dan ternyata henpon asus 5nya pun mengalami masalah yang sama dengan saya beberapa hari yang lalu. Dia masih bisa diformat ulang dan dipakai lagi memorinya, tapi tetap kehilangan foto-foto memorinya. Sementara saya ya…bablaaas, ilang kabeh isinya.

Tulisan pak David J.Schwartz seperti ini bunyinya, “Ujian bagi seseorang yang sukses bukanlah pada kemampuannya untuk mencegah munculnya masalah, tetapi pada waktu menghadapi dan menyelesaikan setiap kesulitan saat masalah itu terjadi.” Lhaah…saya memang bukan orang yang bisa dibilang sukses ya, tapi sueeerrr…saya sedang mencoba berjuang untuk sukses. Ngomongin tentang ujian orang sukses seperti diatas memang nggak gampang. Namun menyelesaikan masalah memori yang hilang isinya itu perlu dihadapi dengan perut yang terisi, kepala yang sedikit pusing tapi mesti mikir dengan bener sekaligus menata hati biar nggak esmosi. Untunglah saya punya solusinya, saya ganti dengan memori yang di henpon nokia sejuta umat saya, ada memori 2GB yang lumayan meskipun kalah kecil dibandingkan dengan memori 4GB yang rusak. Paling tidak saya nggak harus keluar uang dulu untuk sementara waktu buat beli kartu memori yang baru.

Oke sip, jadi sembari saya menulis ini, saya masih bisa kembali memotret dengan kamera yang cuma 3,15mpixel dan menyimpannya kembali. Sekalian juga nanti bisa memindahkan beberapa foto-foto yang masih tersimpan di laptop saya.

Mungkin memori yang rusak tidak bisa diperbaiki, tapi kita bisa membuat memori yang baru, yang bisa menceritakan kisah yang baru juga. Oalah memori…memori…!

KEJANTANAN

August 3, 2015

Menarik sekali sebuah tulisan di twitter yang saya baca, menyatakan seperti ini, “Di Turki, pria dianggap jantan harus memiliki jenggot dan kumis. Tidak heran kalau di Turki banyak jasa implan kumis atau jenggot.”

Saya sih tumbuh juga jenggot dan kumis, cuma anak dan istri nggak suka dipanjangin. Selain tajam bikin risih, saya juga nggak terlalu suka berkumis. Kadang-kadang saja berjenggot dikit, meski nggak panjang.

Urusan kumis, jenggot dan kejantanan pria memang kadang jadi bahan pembicaraan yang nggak ada habisnya. Cuma ada sisi lain kejantanan yang diungkap oleh INILAH.COM, yang dilansir dari Time of India, memberikan rincian daftar yang dimaksud dengan kejantanan yang katanya dicari para perempuan seperti berikut :

1.Senyum dan kedipan mata.
Katanya sih pandangan dan senyuman itu membuat perempuan merasa sangat istimewa.

2.Tertawa lepas
Salah satu sifat paling penting yang dicari perempuan pada pria adalah rasa humor.

3.Perhatian.
Perempuan perlu terus-menerus diyakinkan bahwa mereka dicintai dan diperhatikan.

4.Bergaya
perempuan akan lebih menghargai pendapat pria mengenai gaya daripada desainer ternama? Jadi, meskipun dibeli di pinggir jalan, pastikan Anda membeli item yang bisa menciptakan berkelas dan bergaya.

5.Maskulin
Perempuan pada dasarnya timbul kepercayaan pada pria yang mampu mengurus dirinya sendiri.

Pagi ini setelah bangun saya sudah mencukur kumis dan jenggot, nggak harus pake kumis dan jenggot kan biar kelihatan jantan di mata anak dan istri? Yang penting sih bukan itu tapi ini (sambil nunjuk hati dan ngelus dompet…) Hahahahahah!

100715/Menikmati Totok

July 10, 2015

“Ciaaaaat….rasakan tendanganku!” Musuhnya melompat dan melepaskan tendangannya kearah dada, lalu sang pendekar dengan sigap dua tangannya menahan didada menahan tendangannya, kemudian memutar badannya dan mendaratkan ujung telunjukknya menotok urat syaraf dibeberapa bagian tubuh musuhnya…seketika itu ambruk dan lemaslah musuhnya! “Kau tidak akan pernah bisa mengalahkanku kisanak…totokan ditubuhmu akan melumpuhkanmu! Selamat tinggal anak muda, hahahahaha….”

Eh…
Itu hanya bayangan saya saja tentang pertarungan dua orang pendekar. Dengan memakai senjata totok yang diarahkan ke aliran darahnya bisa membuat musuhnya lemas tanpa daya.

Tapi hari ini, saya mau belajar totok, eh bukan…saya mau merasakan di totok. Nah, karena ada waktu longgar setelah acara disekolah selesai saya sempatkan untuk mendatangi praktek totok sirkulasi darah disekitaran Jalan Fatmawati. Dengan membayar seratus ribu rupiah untuk servis totok selama enampuluh menit saya pikir lumayan meyakinkan.

Ternyata, memang nikmat sekali rasanya. Pengalaman pertama ini cukup lumayan membuat ketagihan tampaknya, beda dengan pijat refleksi yang seperti mengurut, totok sirkulasi darah ini hanya menekan titik-titik sirkulasi darah tertentu dari kepala sampai dikaki. Ditengah-tengah proses penotokan saya sempat tertidur, nampaknya pengaruh sistem totok ini bereaksi dengan relaksasi badan yang sya butuhkan.

At the end…kayanya pengen mengulang lagi nih. Mungkin gajian bulan depan bisa kali ya disisihkan buat servis badan juga selain servis motor dan servis yang lain…

Yuuuuk….ciaaaat!

Arabian & Arabica

July 9, 2015

Menjelang anak-anak pulang, seperti biasa kita mereview apa saja yang sudah dikerjakan hari ini. Dan juga meningatkan kembali kalau besok kita akan ada acara yang berbeda dengan biasanya. Saya berkata, “jadi besok kita akan ada Arabian party yaa…ada nonton film, foto-foto dan juga dancing-dancing bersama.” Kemudian salah satu murid saya yang lucu ini menjawab, ” Arabica yaaa…”
Hahahahahaha….pecaaah suasana, Arabica kaya kopi aja. Si anak ini nyengir sambil ketawa-ketawa.

Memang dekat kali ya Arabian dan Arabica, atau memang ada hubungannya? Entahlah…mungkin Arabian senang ngopi Arabica atau Arabica yang senang dengan model Arabian. Eniwei…senang, lucu dan campur bangga sekaligus heran, bagaimana anak ini bisa menghubungkan dua kata yang hampir mirip di siang ini.

You make my day girl…!!!

Andai saja Arabian Party besok ada Arabica coffee mungkin akan sangat cocok, sayangnya anak-anak kan nggak minum kopi, hehehehehe.
Well, at least ada kata yang nyantol dikit meskipun beda arti dan maksudnya.

Dan saya akan menunggu celotehnya yang lain. Semoga plesetan katanya lebih baik…biar kelasnya juga bisa mencetak pelawak, nggak cuma mencetak orang pinter-pinter saja. Bayangkan apa artinya sekolah, hidup dan kepandaian tanpa sense of humor? Its gonna be very boring life! Trust me…its connected now between Arabian and Arabica.

Disenggol Sedan

July 2, 2015

Sore ini pulang agak cepetan dan seperti biasa jemput dulu si Mami. Kami melewati jalur memutar, karena sudah bisa dipastikan didepan pusat perbelanjaan dan toko-toko seterusnya pastilah akan maceeet. Jadilah kami mengambil jalur sedikit memutar lewat perumahan dan perkampungan, sedikit lebih lambat namun lebih santai jalannya karena tidak harus bermepet-mepet ria dalam kemacetan.

Di simpang empat besar selanjutnya seperti biasa menunggu giliran untuk bisa menyeberang ke arah rumah, lalu ada seorang bapak dengan motornya mengambil sisi kanan. Kemudian dari arah depan saya ada mobil sedan mau masuk ke arah kanan saya, nah…anehnya mobil ini nggak mau ngalah sedikit ambil sisi kiri dibelokin, malahan justru pelan-pelan dan sengaja menabrakan mobilnya ke sepeda motor samping saya. Istri saya kemudian sedikit kencang suaranya mengingatkan si bapak ini, “suda , ngalah saja…mundurin motornya!” Akhirnya si bapak ini. Mundurin motornya, sambil ngomel. Mobil itu kemudian berhenti, dan membuka jendela depannya, si sopir nongol, yang keluar kepala orang tua sudah berumur…kalia aja diatas enam puluhan tahun. Gilaaa…pikir saya, ini orang nggak bisa ngalah dikit aja, nggak mau belokin mobilnya semeter aja kesamping kiri baru lurus ga perlu sengaja nabrakin motor disamping saya. Selfish sekali…saya beneran benci gaya-gaya orang punya mobil seperti ini. Bisa beli mobil, tapi mental dan kelakuannya tetap aja kayak orang goblok. Sambil dia menunjuk jalur ditengak jalan yang nggak ada batasnya tentu saja, dia berteriak,” itu ada batasnya…ditengah tuh baru belok!” Dalam hati saya bilang,”bodoh banget ini orang…! Kalau dia belok emangnya nggak melanggar batas tengah jalan lain? Mana mungkin mobil berbelok dengan sudut siku-siku!”

Ah, sudahlah. Saya sih sekedar bercerita dan mengeluarkan uneg-uneg saya. Memang tidak semua orang tidak akan bersikap nais..menyenangkan. Mungkin dia tadi mengalami masalah jadi dia emosi dan gampang marah. Ya…siapa yang tahu.

Nah, ada cara-cara untuk mengendalikan emosi secara cerdas. Dari http://www.ikiopo.com saya mengutip tips-tipsnya, silahkan monggo :

1. Berbagi perasaan yang timbul dari seseorang pada umumnya berpangkal dari pikiran. Ketika seseorang berpikiran negatif perasaan orang tersebut akan cenderung menjadi negatif. Sebaliknya ketika seseorang berpikiran positif, perasaan orang tersebut cenderung positif. Jadi mengendalikan pikiran merupakan langkah awal dalam mengendalikan perasaan.

2. Biasakanlah memberi kesempatan kepada pikiran untuk mengambil keputusan. Semakin seseorang mahir menyerahkan keputusan kepada pikiran, maka semakin sehat emosinya. Itu adalah kondisi ideal dimana akal yang mengendalikan perasaan, bukan perasaan yang mengendalikan akal.

3. Emosi negatif adalah sinyal bahwa ada yang tidak beres dalam diri seseorang. Ketika suasana hati menjadi tidak nyaman, cobalah menerangkan dengan berdoa, menemui sahabat untuk berbagi perasaan (curhat), beristirahat, mendengarkan musik atau apa saja yang disukai.

4. Pertanyakanlah dengan kritis perasaan-perasaan negatif yang dirasakan. Misalnya, apakah masalahnya terlalu berbahaya sehingga seseorang ketakutan? Atau apakah masalahnya begitu gawat sehingga seseorang harus marah besar?

5. Pertanyakanlah dengan tegas keyakinan-keyakinan yang salah.Misalnya: siapa bilang kegagalan itu suatu kebodohan? Siapa bilang masalah yang kita hadapi tidak ada jalan keluarnya? Dan siapa bilang kita tidak mampu memaafkan?

6. Kendalikan reaksi anda terhadap situasi yang tidak menyenangkan. Misalnya ketika ada yang menyalip motor dengan tiba-tiba, anda bisa memilih untuk marah atau memilih tetap tenang yang pertama bisa membuat anda jadi orang yang reaktif dan emosional, tapi yang kedua mengajarkan anda menguasai diri dengan baik.

7. Perasaan bukanlah masalah benar atau salah. Manusiawi sekali-sekali memiliki perasaan takut, marah, sedih dan kecewa. Yang penting kita tidak larut dalam perasaan-perasaan negatif itu dan tidak mengambil keputusan-keputusan penting di saat suasana hati sedang kacau.

8. Perasaan yang negatif dan suasana hati yang buruk bisa jua disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak sehat. Kita bisa saja merasa “BETE” ketika film, stress, kurang flu, stress, kurang tidur, capek dan sebagainya. Kita tidak perlu mencemaskan perasaan-perasaan yang tidak nyaman dan bersifat sementara tersebut, sering kalilah melakukan tindakan-tindakan sederhana yang bisa mengubah suasana hati.

9. Hidupkanlah perasaan-perasaan yang menyenangkan sesering mungkin termasuk untuk hal-hal yang kita inginkan tercapai atau terjadi. Misalnya: perasaan gembira ketika anak kita akan di wisuda ketika mendapatkan hadiah, ketika akan bertemu dengan seseorang yang dicintai atau dinanti, ini adalah salah satu cara mengerahkan emosi untuk membantu mewujudkan impian menjadi kenyataan.

10. Belajarlah mengucap syukur dalam segala keadaan. Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman. Sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.

Segala sesuatu dimulai dari pikiran. Kontrol pikiran kita, Berpikir secara benar akan membuahkan tindakan benar, sedangkan berpikir salah membuahkan tindakan yang salah. Sekarang semuanya terserah pribadi kita sendiri!

Selamat mengendalikan emosi, hati-hati disenggol sedan ya..!

pendek itu…

July 1, 2015

63 persen wanita menyukai pria tinggi daripada pria pendek berotot, dan tinggi ideal minimal seorang pria adalah 175 cm menurut hasil suervey dari DailyMail.

Palinganeh.com menuliskan 5 Alasan Wanita Cinta Pria Yang Bertubuh Lebih Pendek seperti berikut ini:
1. Tempat Bersandar
Punya pasangan bertubuh pendek, saat jalan bareng, ia bisa jadi tempat bersandar lengan dengan mesra dan nyaman.
2. Sama-sama Memiliki Kekurangan
Terkadang bukan pria yang bertubuh pendek, tapi si wanitanya yang memang bertubuh tinggi, sehingga memberi kesan si pria tampak pendek.
3. Bisa Hemat Sepatu
Wanita persepatu hak tinggi tak cuma sekedar ingin tampak anggun berwibawa, tetapi juga bertujuan agar bisa setinggi pria umumnya. Nah dari sinilah pria pendek jadi dambaan wanita, karena tak perlu menggunakan sepatu hak tinggi yang pasti harganya mahal dan salah-salah bisa buat kaki terkilir jika tak biasa memakainya.
4. Lebih Cerdas
Benar atau tidak, konon pria yang memiliki tubuh pendek diklaim lebih cerdas, dibanding mereka yang bertubuh tinggi berwajah tampan, malah di anggap hanya bisa meraih perhatian bahkan prestasi. Tetapi pria pendek tidak kalah kerennya, ia bisa menggapai prestasi dengan cara lain yang lebih cerdas.
5. Lebih Gampang Mengintimidasi
Tahukah kamu wanita suka bermain pikiran. Untuk wanita yang memiliki pasangan pria lebih pendek, Ternyata lebih mudah diintimidasi, tidak sama dibanding pria tinggi.

Dari sebuah laman berita lain menuliskan juga tentang penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, menemukan pria bertubuh pendek mudah berpikiran negatif bahwa orang-orang sering bergunjing mengenai penampilan mereka. Hal ini dikarenakan standarisasi tinggi badan yang membuat pria pendek tak percaya diri.

Namun tak perlu khawatir, jika Anda termasuk seseorang yang memiliki tinggi di bawah rata-rata sebaiknya Anda bersyukur, sebab penelitian lain menunjukkan bahwa pria dengan tinggi di bawah 152 sentimeter hidup lebih lama dibandingkan mereka dengan tubuh yang lebih tinggi. Kesimpulan ini diambil dari penelitian yang dilakukan pada 500 pria yang lahir pada tahun 1866 hingga 1915 di Pulau Sardinia, Italia.

Hal ini dikarenakan, pria bertubuh pendek memiliki proses perubahan sel yang lebih baik, dan memiliki gerak jantung yang stabil serta efisien serta berisiko kecil mengalami kerusakan DNA bila dibandingkan dengan orang-orang yang bertubuh tinggi.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa dalam dunia percintaan, pria-pria bertubuh mungil merupakan pasangan hidup yang baik dan setia. Hal ini dikarenakan para wanita sibuk mengejar pria berbadan tinggi, sedangkan susah bagi pria berbadan pendek mendapatkan pasangan hidupnya, ketika mendapatkannya tentu ia tak akan mudah melepaskannya.

Lepas dari semua yang tertulis di atas, saya hanya mau bilang bahwa saya memang pendek, itu kenyataan. Tapi saya bersyukur, kalau saya tinggi dan (tampan sih teteup ya) saya tidak akan seperti sekarang ini. Jadi bagaimanapun, saya tetap bangga dengan pendek dan tampan!

meditasi secangkir kopi

June 29, 2015

WikiHow menuliskan tujuan meditasi adalah memusatkan dan menenangkan pikiran, hingga akhirnya mencapai tingkat kesadaran dan ketenangan batin yang lebih tinggi. Meditasi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sehingga Anda dapat mengalami rasa tenang dan damai, tidak peduli apa pun yang terjadi di sekitar Anda.

Nah, ceritanya karena hari ini terasa lumayan capek dari tempat kerja, setelah membongkar dan memindahkan sebagian barang, menyusun ulang dan masih belum selesai juga, hahahahaha…sampai rumah pengen sekali menikmati kopi panas.

Yup, sampai rumah akhirnya saya menyeduh kopi dan menikmatinya perlahan, sesruput…demi sesruput (bahasa Indonesianya yang benar mestinya seteguk demi seteguk gitu ya..). Josss….mak clesss gitu rasanya di tenggorokan, seperti menemukan keindahan dan kenikmatan tersendiri, halaaah…hahahaha, padahal cuma secangkir kopi.

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari itu menurut pengartian dari Wikipedia Bahasa Indonesia.

Jadi gaya-gayanya sore tadi saya mempraktekkan seni meditasi secangkir kopi (biar dibacabya kelihatan oke gitu) kemudian sambil duduk menikmati kedelai edamame, trus makan malam dengan lauk tumis buncis+tempe dan ikan teri medan goreng, akhirnya saya sampai di proses relaksasi tertinggi, tenang dan damai sekali…

Zzzzzzzzz….

Yaaa…saya kemudian tertidur, tampaknya efek meditasi kopinya benar-benar manjur. Eh, efek kenyang kali ya…hahahahaha!
No matter what, coffee is always a good friend…setuju?

Ooh mai…Cika dan Coco Bunting!

June 17, 2015

Semalem habis kasih makan para kuping panjang itu sempat melihat tanah yang digaruk-garuk diujung bekas tempat tangki air. Saya tidak terlalu curiga. Dan pagi ini, waktu saya lihat kembali ternyata sudah berlubang cukup dalam.
Oh…jangan-jangan ada yang bunting lagi?

Nah, karena lubang yang lama cuma saya tutup dengan bekas bata bangunan jadi saya bongkar lagi (sambil nahan pilek yang meler lagi pagi ini…hadeeuuuh!), ternyata kata Oma Cika dan Coco rebutan untuk menggali lubang yang sama. Saling bergantian untuk mendapatkan tempat menggaruk tanahnya supaya bisa kembali masuk kelubang yang paling dalam.

Dengan sisa genteng yang ada dan berbekal linggis, pacul dan golok akhirnya saya membuat lubang baru untuk si Coco, jadi si Cika masih bisa menikmati lubang yang lama untuk beranak nanti. Coco dapat tempat baru untuk beranak juga. Berpikir bakalan jadi banyak lagi anak-anak kelinci kita. Nampaknya bakalan banyak berkat, entah mau ditawarkan diadopsi orang atau kita jual yaaa? Hahahahaha…nggak tau juga. Yang jelas menunggu lahirnya bayi-bayi kelinci lucu kira-kira sebulan lagi.
Ah…si Abby pasti sudah nggak sabaran bakal kasih nama baru buat anak-anaknya. Tadi sempat ditanyakan pada Abby kalau si Dave dan Bule (kelinci kesayangannya, anak kelahiran kedua si Cika) mau kita kasih ke tetangga belakang rumah yang minta waktu itu, dan Abby menjawab boleh. Mungkin akan terganti dengan Dave dan Bule yang baru…

Selamat atas kebuntingan yang ke tiga buat Cika dan yang pertama buat si Coco, Coki si pejantan memang benar-benar jantan euy, sukses membuntingi keduanya dalam waktu yang sama, hahahaha…!