Archive for the ‘tips’ Category

Hadapi!

April 30, 2016
  1. “Tubuh dan pikiran akan tetap sehat, jika tidak dipaksa untuk menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Cukup hadapi saja persoalan hari ini dengan bijak” – anonim

    “Oleh sebab itu, janganlah khawatir tentang hari besok. Sebab besok ada lagi khawatirnya sendiri. Hari ini sudah cukup kesusahannya, tidak usah ditambah lagi.” ” (Matius 6:34 BIS).

    “Jadilah bagiku seperti gunung batu tempat aku berdiam, yang mudah kucapai selalu. Sebab Engkau telah memutuskan untuk menyelamatkan aku, Engkaulah tempat aku berlindung dan bernaung.” (Mazmur 71:3).

Advertisements

Empati si Abby

August 29, 2015

Wikipedia Bahasa Indonesia mendefinisikan Empati sebagai berikut Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

Jumat yang lalu Maminya Abby mengikuti pertemuan orang tua murid dan guru di sekolahnya Abby. Setelah pertemuan selesai kemudian dilanjutkan dengan pertemuan guru kelas masing-masing. Dalam pertemuan itulah guru kelas Abby bercerita kalau Abby anaknya penuh semangat dan selalu rajin di dalam kelas. Satu lagi dia senang sekali memberi dorongan semangat teman-temannya, kebetulan di samping kanan dan kiri tempat duduknya setiap kali melakukan tugas dari bu guru mereka sering terlambat selesai dan menangis, nah…si Abby kemudian senang memberi semangat supaya teman-temannya bisa selesai. Bagian yang lucu adalah kalau dia beberapa waktu yang lalu malah sering yang telat selesai kerjaannya karena terlalu peduli dengan teman-temannya yang menangis sampe lupa kalau kerjaannya sendiri belum selesai.
Terlalu ber-empati kali ya? Hahahahaha, tapi nggak apa-apalah, untungnya masih bisa kita ingatkan, supaya besok-besok lagi jangan sampai lupa menyelesaikan tugasnya sendiri.

Intisari-online.com memberikan beberapa cara menumbuhkan sikap empati pada anak seperti ditulis di dalam buku All About Kesehatan Anak.

1. Membiasakan anak untuk mengucap kata-kata ajaib seperti terima kasih saat dibantu, maaf saat merasa bersalah, dan tolong saat minta bantuan.

2. Membiasakan anak untuk berkata baik, sopan, dan optimis.

3. Memberikan contoh kepada anak untuk selalu menghormati orang lain tanpa memandang derajat, harta, dan pangkat.

4. Mengajak anak ke panti asuhan, panti jompo, dan rumah singgah anak terlantar untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

5. Mengajak anak ke kebun binatang, kebun raya, dan berkemah ke tempat kita bisa lebih dekat dengan alam sehingga menumbuhkan peribadi peduli.

Jika anak diajarkan untuk memiliki empati yang lebih baik maka mereka akan memiliki sifat peduli dan kepekaan terhadap orang lain. Dengan empati nantinya anak-anak akan belajar komunikasi, juga sosialiasasi dan menjadi mudah beradaptasi dengan sekitarnya.

Semoga kamu nanti lebih berbahagia, bijaksana dan peduli ya Mbi. Papie tahu kamu punya bekal empati yang baik dalam hidupmu.

Dia Memang (Jual) Tahu

August 15, 2015

Dalam seminggu 2x dia datang, tiap hari selasa pagi dan sabtu pagi. Dan seperti biasanya, hari ini pun dia datang. Baru saja saya bangun dan menemani Abby nonton tiba-tiba terdengar teriakannya yang khas, “tahuuuuu Banduuuung…!”

Segera saya buka pintu dan saya jawab, “iya Mang…tunggu sebentar ya?” Kemudian saya ambil wadah dan Oma keluar dari kamar, saya tanya, “mau beli berapa Ma? Oma menjawab, “dua puluh aja!” Dan saya berjalan cepat kedepan dan berkata, ” dua puluh aja Mang!” Lalu dengan cekatan si Mang mulai menata tahu diwadah yang saya bawa, setelah selesai kemudian dia berkata, “ini sudah saya tambahin 5 buat ngeganti kemaren yang asem ya?” Waaah, saya terkejut dan berkata iya, “terimakasih mang” saya sodorkan uang 50ribu untuk membayarnya, kemudian dia mulai mengeluarkan kembalian, setelah dihitung dia mengembalikan 34ribu, padahal saya beli 20ribu. Jadi saya kembalikan padanya 4ribu, tapi dia memaksa katanya nggak papa buat gantiin yang kemarin. Saya pikir sudah diganti tahu baru saja sesuatu banget apalagi masih ditambahin uang meskipun cuma 4ribu.

“Orang jujur selamat karena ketulusan hatinya; orang yang tak dapat dipercaya, terperosok oleh keserakahannya.” (Amsal 11:6 BIS). Membaca ayat diatas sungguh luar biasa, padahal kalau menurut saya bukan salah si Mang penjual tahu sehingga tahu yang terakhir dibeli Oma asem, sudah pasti itu salah si tukang bikin tahu dipabriknya. Namun kejujuran Mang Tahu dan ketulusan hatinya menggantikan asemnya tahu yang kemarin dengan kegirangan saya, lumayan bukan 5 tahu gratis?

Saya belajar tentang kejujuran, ketulusan dan kebaikan hati dari seorang tukang tahu pagi ini. Seperti petuah bijak mengatakan, “Lebih baik berpenghasilan sedikit dengan kejujuran, daripada berpenghasilan banyak dengan ketidakadilan.” (Amsal 16:8 BIS). Saya percaya pasti penghasilannya akan lebih, jika dia bisa jujur dan dengan saya, pasti dia jujur juga dengan pelanggan-pelanggan lainnya. Karena saya percaya dia masih mempercayai Tuhannya untuk berlaku jujur.
“TUHAN menghendaki orang berlaku jujur dalam perdagangan, juga dalam memakai ukuran dan timbangan.” (Amsal 16:11 BIS).

Ya memang tidak semua orang melakukan kejujuran dalam usahanya, tapi jika melihat ayat ini orang tentunya akan berpikir kembali seharusnya. “Kekayaan yang diperoleh dengan tidak jujur cepat hilang dan membawa orang ke liang kubur.” (Amsal 21:6 BIS).

Semoga makin banyak orang yang bisa sejujur Mang Tahu pagi ini…ya semoga!

GRAVITASI

August 9, 2015

Akun @infoLengkap menuliskan tweetnya : “Tahukah Anda, Albert Einstein pernah bilang bahwa gaya gravitasi tidak berlaku bagi orang yang sedang jatuh cinta.”

Kata Wikipedia, Gaya Gravitasi dikatakan seperti ini , “Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari.”

Yang sedang saya pikirkan, bagaimana bisa gaya gravitasi tidak berlaku bagi orang yang sedang jatuh cinta. Apakah cinta yang menyebabkannya? Lalu dimana letak keistimewaannya? Naaah…semoga mbah google membantu saya mencari jawabannya.

Saya menemukan salah satu blog yang menjawab pertanyaan saya, ini halamannya http://genggam-fisika.blogspot.com/2015/03/cinta-dalam-hukum-garvitasi-newton.html?m=1. Oke fix, sekarang tinggal kita mengatur hukum gravitasi tarik menarik antara hati kita dan pasangan. Biar semakin kuat tarikannya, bahkan gravitasi bumi pun kalah karenanya. Yuuk…

Cara Bersyukur

August 8, 2015

The best way to show my gratitude to God is to accept everything, even qmy problems with joy – Mother Teresa.

Saya membahasakan sendiri perkataan Mother Teresa dengan kata-kata saya seperti ini, “Cara yang paling baik untuk menunjukkan ucapan syukur saya pada Tuhan adalah dengan menuliskan segala sesuatu, meskipun kadang tulisan saya bukanlah tulisan yang terbaik tapi saya menemukan kebaikan dan kesenangan juga kekuatan dalam merangkai kata-kata.”

Seorang motivator menulis seperti ini, “Mampu bersyukur sejatinya adalah salah satu sumber kebahagiaan. Maka jadikan setiap hari penuh rasa syukur. Hidup akan terasa jauh lebih bernilai.” Kadang kita melewatkan setiap hari berlalu begitu saja, menikmati momen hanya dengan mengabadikan dalam gambar alias foto. Tapi untuk menuliskannya dibutuhkan usaha, kejujuran juga sekaligus beberapa kali pemikiran supaya tertuang dengan baik, tidak hanya sekedar enak dibaca namun juga menjadi sebuah pengaruh dalam hidup kita maupun orang lain.

Saya sangat menikmati perjalanan menulis karena menulis hal-hal sederhana dan juga menceritakan kejadian-kejadian setiap hari yang saya alami itu menumbuhkan kepuasan tersendiri. Dan ternyata juga sangat menantang sampai sekarang untuk mewujudkannya minimal satu tulisan setiap harinya.

“Tulislah semua perbuatan TUHAN untuk angkatan yang akan datang, supaya bangsa yang belum dilahirkan dapat memuji Dia.” (Mazmur 102:18 BIS).

Memori Yang Rusak

August 4, 2015

“…Dan terjadi lagi, kisah lama yang terulang kembali…” Hadeeeuuuuh, seperti lagunya mas Ariel saja kejadian hari ini. Pernah saya tulis sebelumnya sih diblog tentang hilangnya seribuan foto saya di kartu memori henpon blekberi saya. Eh iya, jadi judulnya itu bukan memori atau kenangan tentang suatu hal, tapi memory card, kartu buat nyimpen foto dan data-data di henpon.

Nah, dari pagi sudah ada tanda-tanda beberapa kali kok ada tulisannya memory card tidak terkoneksi dan di aplikasi Whatsapp juga tiba-tiba muncul memory card full and disabled, nah…saya cek beberapa kali masih bisa buka foto-fotonya. Sayangnya saya tidak cepat tanggap untuk segera menyalinnya di laptop padahal pagi tadi lagi update antivirus sekalian mestinya bisa. Yaaah, namanya juga saya pikir aman jadi ya nggak terlalu mengganggu. Tapi ternyata setelah mulai kerja muncul lagi tulisan-tulisan itu. Saya masih diamkan. Pas istirahat makan siang baru saya bisa buka lagi, saya coba untuk dicabut dan dibuka manual pake laptop, ternyata tetap tidak mau, tidak bisa dan ….yaaah sudahlah. Saya menganggapnya mungkin sudah saatnya dia meninggalkan saya, meninggalkan kenangan dan sisa-sisa foto yang terambil diberbagai momen disana.
Sebelum pulang saya sempat cerita dengan teman, dan ternyata henpon asus 5nya pun mengalami masalah yang sama dengan saya beberapa hari yang lalu. Dia masih bisa diformat ulang dan dipakai lagi memorinya, tapi tetap kehilangan foto-foto memorinya. Sementara saya ya…bablaaas, ilang kabeh isinya.

Tulisan pak David J.Schwartz seperti ini bunyinya, “Ujian bagi seseorang yang sukses bukanlah pada kemampuannya untuk mencegah munculnya masalah, tetapi pada waktu menghadapi dan menyelesaikan setiap kesulitan saat masalah itu terjadi.” Lhaah…saya memang bukan orang yang bisa dibilang sukses ya, tapi sueeerrr…saya sedang mencoba berjuang untuk sukses. Ngomongin tentang ujian orang sukses seperti diatas memang nggak gampang. Namun menyelesaikan masalah memori yang hilang isinya itu perlu dihadapi dengan perut yang terisi, kepala yang sedikit pusing tapi mesti mikir dengan bener sekaligus menata hati biar nggak esmosi. Untunglah saya punya solusinya, saya ganti dengan memori yang di henpon nokia sejuta umat saya, ada memori 2GB yang lumayan meskipun kalah kecil dibandingkan dengan memori 4GB yang rusak. Paling tidak saya nggak harus keluar uang dulu untuk sementara waktu buat beli kartu memori yang baru.

Oke sip, jadi sembari saya menulis ini, saya masih bisa kembali memotret dengan kamera yang cuma 3,15mpixel dan menyimpannya kembali. Sekalian juga nanti bisa memindahkan beberapa foto-foto yang masih tersimpan di laptop saya.

Mungkin memori yang rusak tidak bisa diperbaiki, tapi kita bisa membuat memori yang baru, yang bisa menceritakan kisah yang baru juga. Oalah memori…memori…!

KEJANTANAN

August 3, 2015

Menarik sekali sebuah tulisan di twitter yang saya baca, menyatakan seperti ini, “Di Turki, pria dianggap jantan harus memiliki jenggot dan kumis. Tidak heran kalau di Turki banyak jasa implan kumis atau jenggot.”

Saya sih tumbuh juga jenggot dan kumis, cuma anak dan istri nggak suka dipanjangin. Selain tajam bikin risih, saya juga nggak terlalu suka berkumis. Kadang-kadang saja berjenggot dikit, meski nggak panjang.

Urusan kumis, jenggot dan kejantanan pria memang kadang jadi bahan pembicaraan yang nggak ada habisnya. Cuma ada sisi lain kejantanan yang diungkap oleh INILAH.COM, yang dilansir dari Time of India, memberikan rincian daftar yang dimaksud dengan kejantanan yang katanya dicari para perempuan seperti berikut :

1.Senyum dan kedipan mata.
Katanya sih pandangan dan senyuman itu membuat perempuan merasa sangat istimewa.

2.Tertawa lepas
Salah satu sifat paling penting yang dicari perempuan pada pria adalah rasa humor.

3.Perhatian.
Perempuan perlu terus-menerus diyakinkan bahwa mereka dicintai dan diperhatikan.

4.Bergaya
perempuan akan lebih menghargai pendapat pria mengenai gaya daripada desainer ternama? Jadi, meskipun dibeli di pinggir jalan, pastikan Anda membeli item yang bisa menciptakan berkelas dan bergaya.

5.Maskulin
Perempuan pada dasarnya timbul kepercayaan pada pria yang mampu mengurus dirinya sendiri.

Pagi ini setelah bangun saya sudah mencukur kumis dan jenggot, nggak harus pake kumis dan jenggot kan biar kelihatan jantan di mata anak dan istri? Yang penting sih bukan itu tapi ini (sambil nunjuk hati dan ngelus dompet…) Hahahahahah!

ME TIME

August 2, 2015

Menikmati yang kata orang “me time” itu buat beberapa orang terutama para ladies itu bisa ke salon, creambath, meni-pedi, atau nongkrong sendiri ngopi dan lain sebagainya. Dari beberapa situs yang menuliskan tentang me time memang banyak yang memberikan ide dan cara-cara yang memungkinkan untuk dilakukan me time dengan nyaman.

Kalau saya me time itu ya seperti ini :
1. Pelepasan.
Ini adalah istilah yang saya pakai dipagi hari, ya…kebiasaan yang itu tuh. Habis bangun, minum air putih…lanjut dengan secangkir kopi. Nah, kalau perut sudah kena air hangat berasa nikmat ini maka selanjutnya tergeraklah isinya untuk dilepaskan. Di tempat pelepasan inilah biasanya saya menemukan dan mendapatkan ketenangan, ide dan juga tulisan. Pokoknya lepaaass dan legaaa lah rasanya. Me bingits!

2.Mie time itu mie-time, waktunya makan mie…tentu saja saya masak sendiri. Pake mie instan rebus biasa saja, cuma biasanya masaknya yang berbeda. Saya biasanya menambahkan sesuatu, kalau ada ya pakai telor, sawi, daun bawang, kadang juga tahu atau suwiran ayam. Ini adalah benar-benar menikmati indahnya dunia dalam mangkok yang mantap!

3.Me time itu pijat refleksi, ini adalah kenikmatan yang menurut saya sangat membantu dan enak sekali. Hanya dengan 40ribu rupiah dan biasanya saya kasih tip 10ribu biar pas jadi 50ribu selama hampir 1,5jam itu benar-benar kenikmatan. Sementara memang susah nyari tukang pijat yang enak di Jakarta dan sekitarnya yang benar-benar mantap seperti pijatan budhe Siyam di desa yang cuma 30ribu saja…bisa sampe 2 jam plus ngiler ketiduran karena saking enaknya dipijat.

Demikianlah saya bisa berbagi dengan me time. Jika anda tidak suka ya nggak papa, kan anda punya me time sendiri. Jadi tulis saja yaa…

TIKUS

August 2, 2015

Lagi enak-enak ngopi, tiba-tiba Oma teriak dari depan mesin cuci dibelakang, “mos…cepetan, ini tikusnya ada dipojok deket seng!” Segera saya beranjak berdiri dan menuju belakang, mengambil golok (serasa jagoan kaye bang Pitung gitu!) Trus mulai dengan pelan-pelan mendekati seng dipojokan. Ternyata nggak ada! Saya buka penutup mesin air, naaaah…dia mojok disitu! Saya mau tancepin nggak kena dia lari…

Masuk dikolong mesin cuci, saya dorong dengan ujung golok hampir kena ekornya, lari lagi. Akhirnya saya minta diambilin bambu kecil yang ujungnya sudah diruncingin di dapur. Saya mulai tusuk-tusuk kolong-lkolong didekat mesin cuci, hampir naik kabel, saya gebuk …..dheezzzz….kenaaaa! Tapi dengan cepat dia bangkit lagi, langsung lari. Terakhir keliatan lagi-lagi dia masuk lubang bikinan si Cika, segera saya tusuk-tusuk lagi, nggak ada yang keluar. Haaaaah….saya bongkar saja dari ujung sisi yang lain, tapi sudah tidak ada jejaknya. Hmmmm….nakal sekali dia!

Sayang hari ini gagal dalam perburuan tikus…kesel sih…sebel juga soalnya si Cika dan Coco mau beranak. Akhirnya saya buka-buka Pinterest nyari-nyari bahan yang natural untuk pengusir tikus, ternyata bisa dengan lada hitam. Kebetulan si mami waktu itu beli lada hitam bubuk buat masak pasta, jadilah saya pakai dulu. Semoga berhasil, si tikus kalau cium bau lada hitam pedas ini bersin-bersin dan nggak mau balik lagi.

Inspirasi Lalat

July 30, 2015

Saya terkesan dengan postingan ini RT @infoLengkap: Lalat dapat menyalurkan sekitar 300 bakteri setiap kali hinggap di benda.

Binatang kecil yang terbang dan selalu hinggap dimana saja ini memang sangat menjengkelkan. Selain menyebarkan penyakit, juga mengganggu setiap aktivitas, dari memasak sampai tidur pasti sangat tidak nyaman bila mereka terbang berseliweran disekitar kita.

Mencermati kehidupannya memanglah tidak mengasyikkan, namun banyak tulisan yang mengulik tentang mereka. Saya sih tidak tertarik, cuma sedikit berpikir saja, ya…seandainya saja, kita bisa meniru dengan apa yang lalat lakukan. Maksudnya?

Nah, dengan umurnya yang paling lama katanya setahun untuk jenis tertentu, tentu saja mereka sudah melakukan banyak perkara. Perkara sepele tapi membuat mikir. Bayangkan jika sekali nempel dimana saja dia bisa menyalurkan 300 bakteri, dalam sehari berapa ribu bakteri yang dia sebarkan.

Kalau saja kehidupan kita manusia seperti mereka dalam arti yang baik, pasti dunia ini akan jelas lebih indah. Bayangkan: setiap kali manusia hinggap alias berada disatu tempat tertentu bisa menularkan atau melakukan 300 kebaikan, betapa itu akan menjadi suatu tindakan yang luar biasa?

Ah, tidak usah susah-susah sampai 300 kebaikanlah ya, cukup 1 kebaikan saja setiap hari, pasti akan terjadi perubahan, tidak saja bagi orang lain. Bagi dirinya sendiri pun juga akan mengalami perubahan.

Saya membaca sebuah buku yang sangat menginspirasi berjudul “29 Gifts – Keajaiban Memberi” dari Cami Walker, dimana pengarangnya menderita penyakit yang melumpuhkan sebagian besar aktivitasnya, dia mendapatkan saran dari mentornya, daripada mengeluh dan menyesali keadaannya disarankan untuk mengubah cara, pola pikir dan tindakannya dalam bentuk kebaikan setiap hari, kebaikan kecil, apa saja bentuknya. Akhirnya kisahnya dibukukan dan menjadi sebuah gerakan yang sangat menginspirasi diseluruh dunia.

Kebaikan-kebaikan kecil yang dilakukan untuk orang lain, yang mungkin tampaknya sederhana justru kadang dibutuhkan. Seperti mengirim pesan singkat, mengirim ucapan atau bunga, memberikan sedikit waktu untuk mendengarkan cerita, berbagi makanan atau apa saja bisa membuat kehidupan orang lain tertolong dan disemangati. Saya dan istri sempat membuat jurnal 29 hari kebaikan, meskipun tidak sampai selesai, tapi hal itu sangat menantang kita untuk bertindak diluar rencana dan melakukan kebaikan bagi siapa saja sangatlah berkesan.

Rasul Paulus menulis kepada Yakobus tentang kebijaksanaan yang bisa dilakukan dalam tindakan kebaikan seperti berikut, “Tetapi orang yang mempunyai kebijaksanaan yang berasal dari atas, ia pertama-tama sekali murni, kemudian suka berdamai, peramah, dan penurut. Ia penuh dengan belas kasihan dan menghasilkan perbuatan-perbuatan yang baik. Ia tidak memihak dan tidak berpura-pura.”
“Memang kebaikan adalah hasil dari benih damai yang ditabur oleh orang yang cinta damai! ” (Yakobus 3:17-18 BIS).

Jika saya tuliskan dengan sederhana, kebaikan itu bisa dilakukan dengan:
1.Murni
2.Suka damai
3.Peramah
4.Penurut
5.Belas kasihan
6.Tidak memihak
7.Tidak berpura-pura
Dengan 7 hal itu saja kita bisa melakukan kebaikan sederhana selama 1 minggu, jika kita bisa menggali lebih dalam lagi, saya yakin 300 kebaikan akan bisa kita lakukan.

Jadi, mari kita hinggap dan menyebarkan bakteri kebaikan…dimana saja, kapan saja, pada siapa saja, untuk kemulianNya!