Ganti Saklar


Dan ternyata sampai tiga hari dua malam lampu dikamar terus menerus menyala tidak bisa dimatikan. Kenapa? Karena saklar on-off nya tiba-tiba tidak bisa dimatikan. Sewaktu sebelumnya sih bisa kembali lagi normal. Tapi kali ini ternyata tidak. Sampai akhirnya saya membeli sebuah saklar yang baru. Masalah baru pun muncul, karena sewaktu membuka saklar yang lama sangat mudah dan terlihat jelas cara memasangkan kabelnya, sedangkan saklar yang baru saya sampai bongkar dan bingung bagaimana caranya memasangkan kabel disaklarnya. Jadilah berkali-kali trial and error dan kemudian karena jengkel saya diamkan saja beberapa lama. Saya minum air dingin dan menenangkan diri kemudian dengan perlahan mencoba kembali, sampai akhirnya berhasil juga melakukannya. Saklar terpasang dengan baik. Lampu kembali bisa dinyalakan dan dimatikan, dan istri say bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Nampaknya sepele dan sederhana hanyalah sebuah perkara penggantian saklar saja, ternyata buat saya adalah sebuah pelajaran berharga. M. Scott Peck menuliskan sebuah quote yang menarik seperti ini, “yang benar adalah bahwa saat-saat terbaik yang paling mungkin terjadi ketika kita merasa sangat tidak nyaman, bahagia, atau tidak puas. Karena hanya di saat-saat seperti itu, didorong oleh ketidaknyamanan kita, bahwa kita cenderung untuk melangkah keluar dari rutinitas kita dan mulai mencari cara yang berbeda atau jawaban yang lebih benar.” Dan memang benar sekali buat saya, ketidaknyamanan yamg terjadi mengajarkan saya melakukan penyelesaian masalah dengan cara lebih tenang sehingga selesai dengan baik.

Dan memang Tuhan selalu punya cara bahkan hal-hal yang unik untuk mengajarkan kita sesuatu. Seperti juga kata Victor Frankl, ” Ketika kita tidak lagi mampu mengubah situasi, kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri.” Menjadi lebih tenang dan menguasai diri, membuat perubahan pada pribadi kita sehingga mampu melakukan perbaikan yang lebih baik. Kalau belum pernah mengganti saklar lampu, sekali-kali anda bisa mencoba dan menikmati prosesnya ya!

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: