Tulislah Nak!


“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri” – J.K. Rowling

Jemari kecilnya bergerak lincah menuliskan berbagai kata yang di dapatkannya, sembari membaca sebuah buku kecil tentang pelajaran kehidupan dinikmati tiap huruf dan kata yang disalin di buku kecil bersampul ungu itu. Saya senang memperhatikan Abby mengolah rasa dan menikmati saat dimana dia mengungkapkan apa yang dia pikirkan dan rasakan dalam tulisannya. Surat-surat kecil untuk sahabat dikelasnya, sobekan kertas dengan tulisan “I love you” yang sering dikirimkan ke saya dan mami juga omanya. Juga hari ini saya menemukan secarik surat untuk sahabatnya, sebuah ucapan ulang tahun dengan gaya bahasa dan tulisan yang dia bisa lakukan. Saya menyukai ekspresinya.

Dan ternyata mengekspresikan sesuatu dalam tulisan itu sangat banyak manfaatnya. Sebuah artikel di tahun 2005 dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment menyatakan bahwa manfaat membuat tulisan ekspresif akan dialami yidak hanya dalam waktu yang pendek namun juga dalam waktu jangka panjang. Beberapa hal yang baik yang dihasilkan dari menulis itu antara lain adalah peningkatan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejala depresi, serta manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah, dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati. Itu semua sih memang hasil dari penelitian tapi yang jelas saya bangga dengan apa yang Abby lakukan. Menulis paling tidak menjadikannya lebih peka, lebih sensitif dan juga melatihnya merekam setiap hal menjadi cerita bagi dirinya sendiri.

Nelson Mandela mengatakan, “otak yang cerdas dan hati yang baik merupakan kombinasi yang bagus”. Dan harapan yang baik bagi masa depannya nanti bisa di mulai dari kesukaannya menulis. Tulislah nak, terus tulislah…!

Advertisements

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: