Dengan Apa Yang Kamu Punya?


​Hakim-hakim 3:31 (BIMK) “Pemimpin yang berikut ialah Samgar anak Anat. Ia pun berjuang dan membebaskan orang Israel. Dengan tongkat penggiring lembu, ia membunuh 600 orang Filistin.”

Namanya tercatat menjadi salah satu tokoh yang membebaskan bangsa Israel sejak kematian Yosua dan Kaleb, dan juga tokoh-tokoh sebelumnya di mana Israel di perlakukan Tuhan jatuh bangun dalam kekuasaan bangsa-bangsa lain yang menjajahnya.

Meskipun hanya tercatat dalam 1 ayat saja, tidak ada kisah yang detail dalam perjuangannya melawan tentara Filistin namun kekuatannya sendiri menunjukkan kehebatan dan kepahlawanan yang luar biasa. Pastilah Samgar seorang penggembala, karena tongkat penggembala lembu, pengiring atau penghalau lembu itu yang di gunakam untuk berperang dan berhasil membunuh 600 pasukan Filistin.

Pelajarannya adalah buat saya sekarang, keberhasilan bisa diraih bukan dengan mencari-cari apa yang tidak saya miliki dan saya rasa kurang namun harus mengoptimalakan apa yang sekarang saya miliki. Entah itu talents, kepandaian, kemampuan-kemampuan yang saya rasa bisa saya manfaatkan untuk menuntun dan membawa saya dalam keberhasilan. Bukan sekedar keberhasilan dalam pekerjaan namun juga keberhasilan di berbagai hal kehidupan.

Doa: Terimakasih Tuhan saya diberikan “tongkat pengiring lembu” dalam hidup saya, saya berdoa Tuhan memberikan hikmat, kebiksanaan, idea, kemampuan, dan keberanian untuk menggunakannya sehingga saya boleh berhasil dalam menghadapi kehidupan. Dalam nama Yesus, amin!

Tags: ,

Leave a Reply

