The Zarephath Effect


Biar keren aja sih judulnya pakai bahasa Inggris, padahal intinya saya sedang belajar mengaktifkan iman saya dan menaikkan tingkat kepasrahan hidup dalam sebuah bentuk ucapan syukur.

Pagi ini ketika ngopi di warung kecil pinggir jalan, obrolan saya dengan penjualnya membicarakan seputar kenikmatan dan rasa syukur. Iya, macam-macam hal yang kadang itu luput dari ucapan terimakasih kita pada Tuhan. Bisa makan tanpa bingung makan apa dan dimana, ketika makanan apapun itu bentuknya masuk mulut kita adalah hal besar yang sebenarnya Tuhan sedang lakukan dalam hidup kita. Nggak cuma sekedar bikin hidup, nyambung hidup atau bertaham hidup. Makanan itu sesederhana apapun adalah wujud kebaikan Allah yang telah terencana dalam daily plan catatan surga, ya…saya mempercayainya demikian.

Janda Sarfat dengan makanan terakhirnya hari itu mengatakan akan mati kelaparan setelah menikmati roti terakhirnya. Kemudian Elia datang dan memintanya berbagi, ya…meminta bagian meskipun roti kecil saja dari sisa makanan terakhir si janda. Kebangeten? Mungkin iya…tapi tidak dengan rencana surga. Bahwa mujizat dan kehidupannya selanjutnya berubah, si janda tidak mati, bahkan masih bisa masak roti untuk tiga orang sampai beberapa hari. 

Saya belajar dari janda Sarfat ini tentang iman, tentang percaya, tentang kepasrahan, tentang mendahulukan Tuhan, bahkan mungkin mujizat bukanlah hal yang dia inginkan, yang di inginkannya hanyalah terus bisa makan alias bisa hidup. Apalah yang lebih baik dari bersyukur dan menikmati apa yang bisa kita makan hari ini? 

“TUHAN Allah Israel mengatakan, ‘Tepung dalam guci itu tidak akan habis dan minyak dalam kendi tidak pernah kosong. Kendi itu selalu berisi minyak. Hal itu akan berlanjut hingga TUHAN menurunkan hujan ke tanah.’” 1 Raja-raja 17:14 (VMD)

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: