Motivasi Dari Musa


​Ulangan 3:28 (VMD)  

Berikanlah perintah kepada Yosua. Kuatkan dan teguhkanlah hatinya. Kuatkanlah dia karena ia harus memimpin umat menyeberangi Sungai Yordan. Engkau dapat melihat tanah itu, tetapi Yosua yang membawa mereka ke tanah itu. Ia menolong mereka mengambil tanah itu dan tinggal di sana.’

1. APA yg Tuhan sampaikan (dgn bacaan tsb)? Pentingnya sebuah motivasi. Menurut kbbi : Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

Musa di minta Tuhan memberikan motivasi dengan jelas pada Yosua. Intensitasnya makin lama karena Musa sebentar lagi akan mati jadi pasti akan habis-habisan memompa semangat Yosua. Arahnya jelas, Yosua harus memimpin penakhlukan tanah Kanaan. Ketekunannya tidak diragukan karena Yosua sudah dipilih sejak mudanya unyuk melayani di kemah kudus waktu itu.

2. MENGAPA Tuhan sampaikan itu?Tuhan berbicara lewat bagian ini untuk memotivasi saya seperti yang Musa lakukan pada Yosua.

Tuhan hendak menguatkan kehidupan saya dengan pengenalan lebih dekat lagi pada karakter dan kuasaNya. Tuhan hendak meneguhkan hati saya, jika janji-janji Allah ditepati dan diwujudkan dalam kehidupan bangsa Israel maka saya pun boleh memiliki dan menikmatinya juga.

3. APA yang harus saya LAKUKAN? 

a. Taat pada FirmanNya 

Ulangan 4:1 (VMD) “…Taatilah itu agar kamu hidup…”

b. Jika merasa lemah segera minta tolong padaNya

Ulangan 4:7 (VMD)  “TUHAN Allah kita dekat bila kita minta tolong kepada-Nya. Tidak ada bangsa lain yang mempunyai allah seperti itu.”

c. Hidup dengan bijaksana

Ulangan 4:9 (VMD) “Hati-hati dan perhatikan dirimu dengan seksama, sehingga kamu tidak akan melupakan hal-hal yang kamu lihat…”

d. Terus semangat dan maju menghadapi tantangan

Ulangan 4:38 (VMD)  “Ketika kamu bergerak maju, Ia mengusir bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih berkuasa daripada kamu. Dan Dia membawa kamu masuk ke daerah mereka. Ia memberikan negeri mereka kepadamu untuk tinggal di sana, seperti yang masih dilakukan-Nya hari ini.”

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: