Mengamankan Zona Nyaman


​Renungan One Year Bible Reading versi Deeper Bible:

Bilangan 32, 33
Bilangan 32:16-19 (BIMK)  Lalu orang-orang Ruben dan orang-orang Gad itu mendekati Musa dan berkata, “Baiklah kami lebih dahulu mendirikan kandang-kandang bertembok untuk domba-domba kami, dan kota-kota berbenteng untuk anak istri kami.

Kami akan bersiap-siap untuk segera maju berperang bersama-sama dengan saudara-saudara kami. Kami akan memimpin serangan itu dan membawa mereka masuk ke negeri yang menjadi milik mereka. Sementara itu anak istri kami dapat tinggal di sini, di kota-kota berbenteng, aman dari serangan penduduk negeri ini.

Kami tidak akan pulang ke rumah kami sebelum semua orang Israel mempunyai tanah untuk milik pusakanya.

Kami tak mau menerima sedikit pun dari tanah mereka di seberang Sungai Yordan, karena sudah menerima bagian kami di sini, di sebelah timur Sungai Yordan.”

1. APA yg Tuhan sampaikan (dgn bacaan tsb)?

Menemukan “zona nyaman” dan mempertahankannya
2. MENGAPA Tuhan sampaikan itu? 

Mungkin sampai saat ini saya masih berada di sebuah “zona nyaman” tertentu, entah itu pekerjaan, kegiatan-kegiatan tertentu atau hal-hal lain yang tanpa saya sadari tidak membuat saya berani maju dan melangkah “berperang” lebih lagi. Jadi bagian ini berbicara pada saya meskipun saya tetap mempertahankan “zona nyaman” itu saya harus tetap berperang untuk bisa mempertahankan bagian yang saya klaim. Peperangan itu bisa jadi memenangkan diri saya pada hal-hal tertentu seperti lebih banyak berdoa, merenungkan Firman, rajin bekerja, tetap menjaga kesehatan, cari tambahan penghasilan, atau hal-hal yang lain.
3. APA yang harus saya LAKUKAN? 

A. Terus menambah skill maupun pengetahuan supaya saya tidak hanya “nyaman” tetapi semakin “lebih nyaman”

B. Tetap loyal dan taat pada otoritas dimana saya berada sekarang, bandingkan di Bilangan 32:25 (BIMK)  Lalu orang-orang Gad dan orang-orang Ruben berkata, “Tuan, kami akan melakukan apa yang Tuan perintahkan.

C. Siap melakukan bagian yang jadi tugas saya sesuai dengan kemampuan, cek : Bilangan 32:27 (BIMK)  Tetapi kami ini siap untuk pergi bertempur di bawah pimpinan TUHAN. Kami akan menyeberangi Sungai Yordan dan berperang seperti yang sudah Tuan katakan.”
Terimakasih, Tuhan memberkati!

Tags:

Leave a Reply

