Pelajaran Dari Seorang Bileam


​Bilangan 31:8 (TB)  

Selain dari orang-orang yang mati terbunuh itu, mereka pun membunuh juga raja-raja Midian, yakni Ewi, Rekem, Zur, Hur dan Reba, kelima raja Midian, juga Bileam bin Beor dibunuh mereka dengan pedang.
Kalau di baca sebelumnya di pasal 22 kita bisa tahu bahwa Bileam adalah seorang non Yahudi yang di anggap Nabi. Begitu diketahui kemampuan dalam perkataannya yang mendatangkan berkat atau kutuk sampai orang Moab dan Midian berani membayarnya mahal untuk mengutuk bangsa Israel. Meskipun tidak ada kutuk bisa keluar dari mulutnya, dia tetap jatuh karena menjadi “nabi bayaran”.

Dan sampai akhir hidupnya Bileam tidak kembali ke tempat asalnya justru hidup bersama musuh-musuh Israel.

Dipasal ini juga di ceritakan bagaiman pasukan Israel membunuh para anak-anak laki-laki dan wanita yang sudah menjadikan bangsa Israel kena tulah di Peor. Ngeri….banget! Yang masih perawan nggak di apa-apain. 
Peringatan dan pelajarannya buat saya :

1. Meskipun saya bisa mengatakan dan memperkatakan hal baik dan benar, saya harus terus mengecek dan menyeleksinya supaya saya sendiri tidak jatuh dalam dosa perkataan.

2. Pergaulan dan dengan siapa kita hidup akhirnya pun menentukan bagaimana kita “alive”. 

3. Siapapun yang ada di dalam kehidupan kita akan memberikan pengaruh, pilihan kita untuk tetap “perawan” = tidak jatuh dalam dosa sehingga diselamatkan” atau jadi seperti wanita pembujuk yang menjatuhkan dosa ( cek ayat : Bilangan 31:16 (BIMK)  Bukankah wanita-wanita itu yang menuruti nasihat Bileam, sehingga membujuk umat Israel di Peor untuk meninggalkan TUHAN? Dan itulah yang mendatangkan bencana atas umat TUHAN!

Advertisements

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: