2 Bulan


“Sebab Allah mengasihi kita, dan karena kebaikan hati-Nya Ia membuat kita tetap tabah, serta mengharapkan yang baik.” ā€‹2 Tesalonika 2:16 

“Ini kita udah dua bulan jalannya, lama banget!” Begitulah keluhannya yang di sampaikan di dalam metromini yang kami naiki sore ini, setelah berlibur dadakan dan tanpa planning yang mantap. Ketika kami turun dari kereta setelah dari Bogor, keluar sari stasiun Kota setelah berjalan beberapa puluh meter, di depan halte berhenti bis gratis Keliling Jakarta. Jadilah kami menaikinya, padahal rencananya mau jalan-jalan di kota tua. Karena pulangnya ngeteng alias naik aja angkutan umum yang ada, kami berjibaku dalam kemacetan Jumat sore yang luar biasa di Jakarta. Buat Abby jelas sangat membosankan, selain panas dan tidak enak tempat duduknya dia merasakan juga bagaimana rasanya bergulat dengan kehidupan yang sebenarnya di Jakarta. Lumayan buat pembelajaran dirinya, karena nggak semua orang bisa enak dan nikmat duduk di dalam mobil AC yang dingin. Paling tidak ini adalah pengalaman liburan yang mengajarkan sesuatu padanya.

Saya bersyukur dia kuat, meskipun sambil menahan lapar. Dan setelah berganti naik angkot lagi yang bernuansa diskotik, suara speaker ajeb-ajeb dibelakang tempat kita duduk dengan lampu biru temaram menambah kemeriahan perjalanan pulang kami. Akhirnya setelah “dua bulan kelamaaan di jalan” istilah Abby…kita sampai di pusat perbelanjaan dan Abby mendapatkan keinginannya makan nasi dan ayam goreng ala mall.

Saya membayangkan perjalanan Yusuf dan Maria mengejar  deadline supaya sampai Bethlehem dengan tepat waktu sebelum sensus, dengan kondisi lelah dan hamil tua, menjelang kelahirannya betapa susahnya hari itu. Nggak akan sama memang dengan apa yang kami alami hari ini, macet, panas dan lama sekali di perjalanan, tapi mereka juga pasti mengalami kelelahan dan juga kondisi yang tidak nyaman. Keledai jelas nggak sama dengan metromini, tapi repotnya di jalan bisa dirasakan. Penngharapan yang baik diakhirnyalah yang selalu menguatkan, Yusuf dan Maria akhirnya menikmati pengharapannya dalam Natal yang kudus, dan kami menikmati liburan hari ini karena kebaikan-Nya saja. Pengharapan Abby terutama setelah “dua bulan” dijalan terwujud dalam nikmatnya makan malam hari ini.

Advertisements

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: