Puas


​”Aku percaya bahwa kebahagiaan sejati, dan bentuknya yang paling murni, sukacita, ditemukan di dalam berkat-berkat sederhana” – Jeannie Lancaster

Dulunya dia bekerja dengan susah payah, tidur di gudang dengan barang-barang yang digunakan untuk syuting, seiring waktu berlalu karena ketekunannya jabatan dan keuangannya pun menaik membaik dan membuat hidupnya semakin lebih dari yang dulu. Dan kebutuhanny pun berubah, akhirnya nambah nggak cukup hanya satu istri pun nambah juga. Awalnya sih nggak ada masalah, lambat laun tidak tahan juga dia hingga makin pusinglah dibuatnya. 

Sepenggal kisah diatas dituturkan ulang oleh Mas Penjahit keliling yang pagi tadi mampir mengecilkan ukuran pinggang celana saya.
Bahwa kebahagiaan untuk beberapa orang memang dicari kemudian di dapatkan namun ternyata hanya berujung pada kepuasan badani, nafau belaka. Mas Penjahit bilang kesaya seperti ini, “orang ini hanya memberi makan otaknya, bukan akhlaknya…jadinya hidupnya nggak ada pegangan”. Dengan perkataannya, saya belajar bahwa tingkat kebahagiaan seseorang didapat bukan karena tingginya pendidikan, jabatan dan kedudukan, banyaknya materi sampai istri atau kelimpahan dunia, tapi lebih kepada nikmat apa adanya yang diwujudkan dalam ucapan syukur atasnya.

Penulis kitab kebijaksanaan mengatakan, “Hormatilah TUHAN, maka hidupmu bahagia; engkau akan puas dan bebas dari celaka.” Amsal 19:23 (BIMK) , kebahagiaan hidup, kepuasan dari segala bentuk keinginan dan kebutuhan bahkan kebebasan dari setiap bahaya hanya di dapat di dalam Tuhan. Jadi sudahkan saya ada di dalam Tuhan? Hari ini perenungan ini membawa saya lebih dalam untuk melihat hal-hal kecil dan sederhana yang saya miliki sekarang adalah sebuah jawaban dari kepuasan karena Tuhan berada didalamnya.

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: