Roti Sumbu


“Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketenteraman, dari pada makanan daging serumah disertai dengan perbantahan.” ​Amsal 17:1 (TB)  

Siang ini sengaja si mami memasak singkong rebus sebagai pengganti nasi. Sebenarnya berasnya juga masih ada, bahkan pemberian dari sahabat kami juga masih ada, yang tidak ada malahan beras merah yang biasanya kami makan. Semenjak saya sakit memang tidak beli beras merah lagi karena ke tempat langganan beli berasnya juga lumayan kalau si mami jalan kaki.

Singkong memang bukan roti, tapi dulu selalu ingat waktu di desa, kalau ada yang menyajikan singkong mereka menyebutnya roti sumbu. Mungkin karena di tengah-tengah singkong ada semacam serat yang mirip sumbu petasan yang siap dibakar, jadilah dinamakan kue sumbu. Selain banyak sekali manfaatnya, efek yang jelas terasa adalah sampai malam ini tidak terlalu lapar lagi.

Ayat yang saya baca dari kitab kebijaksanaan ini menuliskan dengan sederhana namun penuh makna yang sangat dalam. Sekerat roti kering dengan ketentraman adalah bentuk kesederhanaan dalam ketenangan hidup. Makan daging dengan perbantahan adalah kehidupan yang mungkin penuh dengan kekayaan dan kelimpahan namun tanpa ada rasa nyaman. Ah, betapa saya di ajar dengan sebuah singkong yang hebat hari ini. Kami hanya makan singkong, sayur labu, tempe goreng dan kerupuk namun nikmat dan syukurnya sampai memenuhi ke dalam jiwa. 

Apakah hanya punya roti kering atas roti sumbu seperti saya? Tidaklah mengapa sepanjang ketentraman, kedamaian dan ketenangan hidup ada dalam jaminan-Nya. 

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: