Telor & Tempe 


Sebenarnya saya sudah dibekali oleh Oma dari rumah lauk dan sayur untuk makan siang hari ini. Tapi nggak tahu kenapa kok pengen telor dadar dan tempe goreng, karena partner saya juga mau beli lauk sekalian saya juga pesan juga.
Setelah beberapa menit berlalu partner saya datang dan mengatakan pesanan saya yang biasanya seharga lima ribu rupiah ternyata jadi enam ribu rupiah, pada hal belum seminggu saya pesan yang sama masih harga yang lama. Eh, bukan curhat masalah kenaikan harga seribu rupiah, tapi menceritakan bahwa perubahan bisa terjadi kapan saja dan pada apa saja dalam kehidupan kita.

Seseorang mengatakan seperti ini, “Setiap perubahan, meskipun perubahan yang lebih baik, pasti ada ketidaknyamanan. Dan ketidaknyamanan itulah yang harus diubah menjadi kenyamanan.” Saya pikir benar seperti apa yang dikatakan orang ini, membuat hal yang tidak nyaman menjadi nyaman. Banyak hal ketidaknyamanan dalam hidup ini di ijinkan Tuhan terjadi bukan untuk menjatuhkan kita namun untuk kita belajar, belajar berubah menjadi lebih baik tentunya. 

Pertanyaannya adalah apakah kita siap? Apakah kita mau Berubah? Atau senang dengan status quo yang sedang kita jalani.  Paulus mengajarkan seperti ini, “Janganlah ikuti norma-norma dunia ini. Biarkan Allah membuat pribadimu menjadi baru, supaya kalian berubah. Dengan demikian kalian sanggup mengetahui kemauan Allah–yaitu apa yang baik dan yang menyenangkan hati-Nya dan yang sempurna.” (Roma 12:2 BIS). Perubahan ketidaknyamanan dimulai dari ketaatan dan penyerahan diri pada kehendak Allah dan menghasilkan kemampuan yang benar untuk menyenangkan hati-Nya bukan sekedar menyenangkan kita semata.

Perubahan yang baik adalah sebuah anugerah dari Allah sendiri dan karena Ia adalah Allah yang tidak berubah makan janji dan kebaikanNya pun demikian. Seperti firman ini berkat, “Setiap pemberian yang baik dan hadiah yang sempurna datangnya dari surga, diturunkan oleh Allah, Pencipta segala terang di langit. Ialah Allah yang tidak berubah, dan tidak pula menyebabkan kegelapan apa pun.” (Yakobus 1:17 BIS).

Selamat menikmati perubahan, jangan takut berubah, karena berubah itu indah.

Advertisements

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: