Ubi Kakek Bongkok


Entah berapa tahun umurnya sekarang, saya tidak bisa menyapanya karena harus mengantri membeli bahan bakar motor, tubuh rentanya memikul pikulan bambu berisi sayur kangkung dan disebelah lain pikulan ada pasang dan ubi. Berjalan tak lagi tegap karena bongkok, entah apa yang menyebabkannya demikian, mungkinkah beban hidup masa mudanya begitu beratkah? Atau memikul sedemikian banyak waktu yang penuh dengan beratnya kisah hidup.

Isteri saya turun dengan anak saya juga dari motor, dan saya tahu dari tatapan katanya, dia akan cepat tergerak hatinya dengan belas kasihan. Sepuluh ribu rupiah terbayarkan untuk seplastik ubi jalar yang di jual si kakek. Saya ceritakan pada Abby bahwa kakek ini adalah contoh yang hebat, sudah tua tapi tidak menyerah dengan usia, masih tetap berjualan dari pada menjadi pengemis, masih terus semangat dan pantang menyerah dan tidak mau bergantung pada orang lain. Dia hebat!

Saya menikmati kisah kebaikan dan bagaimana Tuhan mengajarkan sesuatu, bagaimana Dia berbicara dan memperlihatkan pada saya bahwa Dia selalu peduli dengan caran-Nya. Bagaimana Tuhan menggerakkan hati dan pikiran seseorang untuk mengambil bagian menjadi berkat dalam hidup kita. Seperti Paulus katakan pada jemaat Korintus,  “Allah berkuasa memberi kepada kalian berkat yang melimpah ruah, supaya kalian selalu mempunyai apa yang kalian butuhkan; bahkan kalian akan berkelebihan untuk berbuat baik dan beramal. Dalam Alkitab tertulis begini tentang Allah, “Ia menghambur-hamburkan kepada orang miskin; kebaikan hati-Nya kekal selama-lamanya.” Allah yang menyediakan benih untuk si penabur dan makanan untuk kita. Ia juga akan menyediakan dan memperbanyak apa yang kalian tabur, supaya hasil kemurahan hatimu bertambah pula.” 2 Korintus 9:8-10 (BIMK).

Terimakasih untuk ubi dan pembelajarannya hari ini kakek bongkok…Tuhan memberkati!


  

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: