Z; Zakheus


Saya menyukai kisah Zakheus, kenapa? Mungkin karena orangnya mirip dengan saya. Eh, mirip pendeknya ya bukan mirip kerjaannya sebagai pemungut cukai. Kisahnya tercatat di sini https://id.m.wikipedia.org/wiki/Zakheus, biar semuanya bisa baca dengan mudah saya kira.

Yang saya kagumi dari begitu banyak tokoh hebat dan tercatat di Alkitab salah satunya ya orang pendek ini, Zakheus. Saya menyukai bahwa begitu banyak keterbatasan di hidupnya berubah sejak bertemu dengan Yesus. Di gerakkan oleh keingin tahuannnya hingga harus memanjat pohon membawanya pada perubahan hidup yang sangat kontroversional di jamannya. Membagikan sebagian besar hartanya bukanlah perkara sepele, seperti yang tertulis, “Kemudian di rumahnya, Zakheus berdiri dan berkata kepada Yesus, “Tuhan, separuh dari harta saya akan saya sedekahkan kepada orang miskin; dan siapa saja yang pernah saya tipu, akan saya bayar kembali kepadanya empat kali lipat!” Lukas 19:8 (BIMK).

Bagaimana kisah selanjutnya? Banyak kisah dan berbagai catatan di Wikipedia menjelaskannya. Versi saya? Dia bahagia dengan pilihan hidupnya. Ya, dia bahagia. Dan saya juga akan tetap pendek sekaligus bahagia seperti Zakheus dan pilihannya. Bahagia di usia baru saya dan bahagia sepanjang umur saya ada.

Advertisements

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: