Sepotong Singkong Goreng Pagi Ini


Sepotong singkong goreng saya terima dari tangannya dan sembari saya tatap matanya saya katakan  terimakasih. Bukan makanan yang biasa dibawa oleh anak seusianya di sekolah taman kanak-kanak dimana saya mengajar, menjadi guru. Saya suka, karena singkong goreng meskipun terlihat sederhana dan kadang dianggap murahan dan nggak kekinian tapi bagi saya tetaplah makanan yang kece badai…asli lokal, enak ajib bin laziz yang benar-benar bikin saya ngiler. Renyah, gurih dan lembut rasanya itu nggak akan tergantikan dengan rasa donat dan roti coklat keju yang di mall-mall itu. Hahahahaha…terasa lebay ya.

Ah, enggak juga sih menurut saya. Saya sangat menghargai dan mengapresiasi tindakannya dalam berbagi. Bahasa kerennya sih sharing. Mengajarkan berbagi alias sharing sejak dini, apalagi di sekolah bukanlah perkara mudah. Apalagi jika mereka adalah anak satu-satunya yang merasa punya hak atas segalanya. Mengajak mereka mulai menyadari bahwa mereka bisa melakukan sesuatu bagi orang lain dan mewujudkannya dalam tindakan kasih sayang sekaligus bermurah hati adalah bukan pelajaran sederhana, bagi saya ini adalah pelajaran dasar kehidupan yang akan mereka bawa seumur hidupnya. Bolehlah dibilang life skills gitu.

Sepotong singkong goreng pagi ini adalah cerita tentang kemenangan, kebaikan, ketulusan dan keindahan dalam berbagi. Entah apa yang ada di hatinya, tapi bagi saya dan di dalam hati saya. Singkong goreng pagi ini mencerahkan hari dan memberi makna hidup.

Kitab kebijaksanaan menuliskan seperti ini, “Siapa memelihara pohon, akan makan buahnya…” Amsal 27:18a (BIMK). Saya percaya sedang memakan buah dari hasil pohon kehidupan yang saya tanamkan sari waktu ke waktu dikehidupan anak didik saya. Maturnuwun Gusti.

image

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

