Kopi, Gojek dan Whatsapp


Mendung sudah memenuhi langit ujung Selatan, dan saya baru saja bergerak menuju arah penjemputan. Selagi menunggu saya menyempatkan diri menyeruput kopi di sore ini. Sudah ada seorang driver gojek yang tampak sedang sibuk mengutak atik telepon pintarnya dan kemudian bertanya pada saya.

“Pak, bisa tolong bantu saya kirim whatsapp ya?” Tanyanya dengan sopan. Kemudian saya jawab, “bisa pak…mau kirim kemana ini?” Saya menolongnya mencari kontak yang dimaksud, ternyata di kontak whatsapp tidak ditemukan, padahal sudah tersimpan nomor teleponnya di kontak. Ternyata setting di kontak whatsaapnay belum diperbaharui. Setelah sudah saya perbaharui dan muncul kontaknya saya lalu berkata, “sudah pak silahkan ditulis pesannya nanti tinggal klik yang ada tulisannya kirim.” Lalu jawabnya, “bukan pak, saya mau kirim ini (sambil menunjuk kertas yang dipegang tangan satunya)  maksudnya foto kertas ini.”

Oalaah….ternyata mau kirim bukti dari   pengiriman barang ke pemakai jasanya nggak bisa si bapak driver ini.  Setelah selesai saya bantu kirim fotonya barulah tahu kalau saya di masih baru jadi driver dan tidak terbiasa menggunakan telepon pintarnya. Kopi saya nggak kerasa tinggal setengah ketika teleponnya berbunyi tanda pengguna jasa menunggunya.
Dengan bergegas dia bersiap dan menyalami saya berterimakasih kemudian menjemput rejekinya yang sudah siap ditangkap.

Selalu saja ada pengalaman yang baru dan baik untuk menambah kebajikan dan kebijakan jiwa saya. Tidak cuma secangkir kopi yang setiap tegukannya memberi rasa nikmat tersendiri, begitupun dengan setiap kejadian yang saya alami ini. Kopi, Gojek dan Whatsapp bisa menjadi pelajaran yang membuat kita semakin pandai menata hati dan hidup.

“Apabila tidak dapat memberikan kebaikan kepada orang lain dengan kekayaanmu, berikanlah kebaikan kepada mereka dengan wajahmu yang berseri-seri disertai akhlak dan budi pekerti yang baik.” – Nyoto Wibowo

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

