Nasi…hat!


Masih rintik hujan membasahi pagi dan ada tanda matahari akan berbagi sinarnya. Pada sebuah pertigaan sepi di antara rumah-rumah besar yang aku lewati sebuah gerobak berhenti. Seorang lelaki tua setengah baya sedang menata tumpukan kertas dan kardus yang dia kumpulkan. Terdengar teriakan seorang boxah lelaki bertopi lusuh katanya, “pak…ayo makan!” Didepannya seorang wanita duduk bersama mereka beralas plastik bekas menggelar sebungkus nasi. Ah, entah nasi apa….begitu nikmat berdua mereka menyuapkan dengan tangan ke dalam mulut mereka. Dan bagi saya seperti menyuapkan kedalam hati…sesuap nasi, nasi…hat! Nasihat untuk terus melihat kebawah, ke depan dan ke dalam kehidupan…sudahkah saya bersyukur hari ini? Sudahkah saya menikmati makanan yang saya dapatkan hari ini? Apakah saya menyuapnya dengan syukur atau hanya sekedar mengisi perut?

Nasi…hat pagi ini dibelakang gerobak para pencari barang bekas. Sebungkus penuh untuk hati saya hari ini.

“Pastikan anda menikmati saat ini, hari ini, jam ini, menit ini, detik ini. Sebab esok akan berubah menjadi kenangan” – Frank Sirait

image

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

