Semacam Kenikmatan Kekinian


Beberapa hari kemarin selalu saja setiap hari mendengar berita tentang pelanggaran etik oleh SN. Semua media meliput dan menyoroti dengan luar biasa, begitupun dengan banyaknya mereka yang mengomentari kasus ini. Saya pikir setiap orang di bangsa ini merasakan sebuah fenomena yang membingungkan…karena saya juga bingung. Maksude opo dengan sidang terbuka tapi kok nggak dibuka…kemudian akhirnya selesai dan ditutup begitu saja. Ealah…malah ngomongin politik ini. Hahahahaha…!

Begitupun dengan perbincangan saya saat pagi hari ngopi dipinggir jalan menuju tempat kerja. Saya, si tukang jualan dan seorang office boy membicarakan kasus yang lagi hangat-hangatnya, iya sehangat tempe ditepungin yang baru keluar dar wajan di warung nasi uduk sebelah. Wuiih….ngomongin gorengan hangat memang liar biasa, karena ternyata ada hubungannya dengan kasus itu.

Hubungannya dalam pembicaraan kami adalah seperti ini, apa yang dilakukan pak SN dipagi hari sebelum kerja? Apakah dia bisa menikmati seruputan kopi dan renyah plus gurih tempe goreng di depan kami?  Ahaaahaha…ini akhirnya bicara tentang “kuasa menikmati” kalau pakai bahasa yang lebih mantap.  Kekuasaan, jabatan, harta yang melimpah dan kemampuan negosiasi tingkat tinggi, kesempatan menggunakan berbagai macam fasilitas akhirnya menurut kami akan dengan mudah dikalahkan oleh orang-orang pinggiran seperti kami. Kenapa? Jabatan, kekayaan dan lain sebagainya yang tersebut diatas tidak bisa menjadikan mereka “yang diatas” bisa menikmati dengan NIKMAT yang sejujurnya.

Bisa jadi kami ini lagi mikirin beras habis, tagihan kredit dan hutang, bayaran spp anak atau masalah kerjaan yang lain. Tapi beban kami adalah beban yang nikmat, beban yang kami tanggung bukan dengan mengalahkan hati dan pikiran waras kami. Beban yang nikmat itu … ya seenak minum kopi 3 ribu rupiah dan makan gorengan 2 ribu dapat 3 biji.

Semacam kenikmaran kekinian gitu. Hahahahaha!

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: