Belajar Tentang Harapan Dari Tukang Kopi


..dan ketekunan akan membuat orang tahan uji; inilah yang menimbulkan pengharapan.
Roma 5:4 (BIMK)

Karirnya menanjak cepat setelah dia dibawa langsung oleh seorang Bo’s perusahaan. Namun kenyataannya berbicara lain. Bosnya mendadak meninggal dan tidak ada lagi yang membimbingnya. Karirnya menurun dengan drastis dan akhirnya mengajukan surat pengunduran diri. Namun hingga sampai delapan tahun kemudian istri dari bosnya yang telah meninggal baru mengijinkannya keluar dari perusahaan itu.

Dengan berbekal kemampuan yang ada akhirnya dia mencoba berusaha dibidang perikanan. Tak lama kemudian gagal lagi hingga akhirnya sekarang berjualan di kedai kopi pinggir jalan bersama temannya. “Disaat saya susah dan jatuh tidak ada satupun keluarga yang menolong saya Mas, justru orang lain yang tidak saya kenal malahan menolong saya. Mengajak saya bangkit lagi ” katanya. Lanjut dia berbicara dan percaya bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, yang penting kita terus berusaha. Kalau menuruti kurangnya, selalu kurang manusia itu.

Membaca kitab kebijkasanaan ini rasanya sangat cocok dengan apa yang dialami si tukang kopi.
1. Orang miskin diremehkan oleh saudaranya, apalagi oleh temannya. Betapapun ia berusaha, ia tak dapat memikat mereka. Amsal 19:7 (BIMK)
2. Ada sahabat yang tidak setia, ada pula yang lebih akrab dari saudara.
Amsal 19:7 (BIMK)

Lebih dari itu semua dengan selalu perpegang pada pengharapan itulah yang memampukannya bangkit dan tetap semangat menjalani hidup. Seperti yang tertulis, “Harapan kita itu seperti jangkar yang tertanam sangat dalam dan merupakan pegangan yang kuat dan aman bagi hidup kita…” Ibrani 6:19 (BIMK)

Advertisements

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: