Meditasi Cuci Motor


Sudah beberapa minggu motor tidak pernah dicuci dan dikilapkan lagi. Entah karena memang tidak menyempatkan atau mungkin juga karena saya tidak terlalu merasa terganggu dengan tebalnya debu yang menempel di bodi motor.

Sore ini akhirnya saya mencuci dengan riang setelah saya membeli shampo motor, busa pembersih, juga saya siapkan cairan pengkilap dan semir ban. Dan setelah 20menit berlalu, saya sangat puas…motor kembali kinclong dan mengkilap.

Membaca perkataan kebijaksanaan ini, “Ada kalanya pengalaman pahit menghapuskan kejahatan, dan membersihkan hati manusia. ” (Amsal 20:30 BIS) membuat saya merasakan sebuah insight…cieeeh…wawasan gitu ya, mencuci motor ini sebuah bentuk meditasi yang sangat menarik buat saya. Membersihkan debu, noda dan kotoran-kotoran yang menempel dimotor, membilasnya, kemudian mengeringkan dan memolesnya hingga mengkilap itu seperti perjalanan hidup kita. Banyak kotoran yang menempel di hati, pikiran dan perbuatan kita, mesti dicuci dan kemudian dipoles supaya mengkilap, berkilaulah hidup ini dilihat orang.

Jadi selain motor bersih, enak dipandang, tentunya juga semakin nyaman plus pede kalau bersih mengkilap. Saya pikir demikian pula hidup ini, betapa indah dan enak dipandang plus jadi keindahan bila hidup bisa mengkilap.

Leave a Reply

