2 TAHUN


Pagi tadi saat membuka sabak elektronik yang boleh saya pakai, saya melihat ada notifikasi dari salah satu media sosial LinkedIn, kalau hari ini saya sudah bekerja di tempat kerja sekarang selama dua tahun. Tidak terasa ternyata, setelah waktu itu memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya, kemudian menganggur kira-kira dua bulanan. Terimakasih untuk kawan saya Triana yang memberikan tawaran waktu itu sehingga saya kembali menikmati kesempatan untuk mengajar anak-anak.

Mulai menjalani tahun ketiga ini dengan kelas yang berbeda, setelah sekian lama berada dilevel pre-kindergaten alias pra sekolah, sekarang berkesempatan mengajar di kindergarten one, alias TK kecil. Dengan murid yang berbeda, cara belajar yang berbeda, demikian juga tanggung jawab yang berbeda, saya akan banyak sekali belajar selama satu tahun kedepan.

Mengutip kata bijak dari Guru Ching Hai bahwa “Kebahagiaan adalah karena diri kita tidak berubah, dalam situasi apapun kita tetap stabil, tetap sama” sunggguhlah merupakan perjuangan sekaligus kenikmatan yang akan saya jalani. Kebahagiaan saya menjadi guru akanlah tetap sama, ketika murid-murid yang saya ajar dan didik mendapatkan sesuatu dalam perjalanan hidup masa kanak-kanaknya, untuk tetap tidak berubah, tetap stabil dalam situasi apapun itu yang berbeda, hal itulah yang harus saya terus perjuangkan.

Menjadi pengajar dan pendidik adalah kebahagiaan saya. Seperti petuah bijak ini yang bisa saya tangkap, “Air yang tak bergerak lebih cepat busuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih gampang berkarat. Hanya perkakas yang tak digunakanlah yang disimpan dalam laci berdebu. Alam telah mengajarkan hal ini; Jangan berhenti berkarya, atau Anda akan segera tua dan tak berguna.” Dan saya tidak ingin berhenti berkarya, meskipun hanya menjadi guru TK!

Leave a Reply

