PENGALAMAN


“Dan bahwa setiap pengalaman haruslah dimasukkan ke dalam kehidupan, guna memperkaya kehidupan itu sendiri. Karena tiada kata akhir untuk belajar seperti juga tiada kata akhir untuk kehidupan” (Anne Marie S)

Definisi dari kata pengalaman menurut m.artikata.com adalah yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung, dsb): contohnya ia suka menceritakan pengalamannya selama revolusi fisik.

Jadi sebenarnya setiap saat adalah sebuah bentuk kegiatan yang sedang dijalankan, dirasakan dan ditanggung oleh seseorang. Perbedaannya mungkin hanya pada saat orang tersebut menceritakannya, ada yang secara lisan dan ada yang secara tertulis. Pengalaman saya yang tertulis selama sebulan kemarin tidaklah cukup semuanya tertuang dalam bentuk tulisan, hanya sebagian kecil saja yang terangkum dalam rangkaian kata.

Pengalaman menulis merupakan sebuah pengalaman yang tampaknya sederhana dan mudah saja saat kita membacanya, namun saya merasa pengalaman itu tidaklah mudah saat menuliskannya. Memilahnya, merangkainya kembali dan menjadikannya sebuah cerita yang utuh.

Seseorang menuliskan seperti ini, “Pengalaman adalah guru yang keras karena dia memberi kita tes yang pertama, lalu pelajaran setelahnya.” Demikian jika melihat pengalaman menjadi guru. Mungkin benar kalau pengalaman memang guru yang terbaik,. Orang yang kurang pengalaman bisa dibilang bodoh jika tidak menggunakan masa hidupnya untuk belajar. Orang yang sudah berpengalaman dibilang sudah makan asam garam.

Penulis Amsal menjelaskan supaya berpengalaman seperti ini, “Kamu yang belum berpengalaman, belajarlah mempunyai pikiran yang tajam; kamu yang bebal, belajarlah menjadi insaf.” (Amsal 8:5 BIS). Bildad teman Ayub saat Ayub mengalami pencobaan berkata, “Orang arif di zaman dahulu hendaknya kauperhatikan, dan kaurenungkan pengalaman para nenek moyang.” (Ayub 8:8 BIS). Pengertian saya Bildad mengajak Ayub untuk melihat bagaimana pengalaman pendahulunya bisa menjadi sebuha kekuatan, semangat dan tekad untuk tetap tidak meninggalkan Tuhan, dan menjadikan apa yang dia alami sekarang sebagai sebuah pengalaman baru yang membuat hidupnya akan lebih baik lagi mendatang.

Saya sedang memikirkan dan berharap apa yang sedang dijalani, dirasai dan ditanggung anak saya menjadikan sebuah pengalaman yang membuatnya tumbuh dewasa, kuat dan berarti. Saya berharap, kelak nantu ketika dia besar, membaca tulisan ini akan menceritakan pengalaman-pengalaman yang hebat bersama kedua orang tuanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: