UANG JAJAN


“Pak, boleh nggak pinjam uang 20 ribu, nanti saya ganti deh uangnya dirumah” kata seorang anak kecil kelas 6 sekolah dasar pada sopirnya. Saya mendengarkan sambil menyeruput kopi, dan dijawab pak sopirnya,” boleh aja, tapi beneran ya diganti nanti, nggak sekalian aja 50 ribu? Sahutnya.

Seingat saya dulu jaman SD jarang dapat sangu buat jajan, selain karena rumah dekat sekolah, memang keuangan keluarga saat itu belum sebegitu baik. Dan juga salah satu ajaran bapak ibu saya, biar nggak sering-sering jajan diluar, kalau laper ya tinggal nyeberang lapangan, lompatin kali kecil, nyampe rumah, bisa makan kenyang aja dirumah.

Sewaktu SMP, uang jajan dan uang jalan saya waktu itu cuma 500 rupiah, 200 rupiah buat naik bis berangkat, 200 rupiah untuk pulang dan 100 rupiah untuk jajan. Kalau di konversi sekarang nggak tau ya kira-kira berapa jumlahnya? Hahahahaha, secara sudah muahal dan naik semua biaya hidup.

Uang sangu alias uang jajan memang menggiurkan, bisa membuat anak-anak sekolah bangga lho, jajan apa saja yang dia suka, di kantin, di warung dan penjual kaki lima depan sekolah. Tapi, lebih dari itu… Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab perihal keuangan sangatlah penting sedari kecil.

Saya bukanlah ahli keuangan, tapi bicara mengatur keuangan bisa diajarkan dan dilakukan sesari kecil. Untuk bertanggung jawab dengan apa yang dimiliki, untuk mengatur pembelanjaan apa saja yang dibutuhkan, dan membuat anak istilahnya “melek duit”. Sengaja atau tidak, orang tua punya maksud baik dengan uang jajan yang diberikan pada anak-anaknya.

Saya senang kemarin Abby disekolahnya di ajak untuk menabung, setiap hari 5000 ribu rupiah. Dan hasilnya lumayan selama satu bulanan. Bisa mengurangi pembayaran salah satu acara disekolahnya. Dan, sekarang sudah akan mulai untuk mengajarkannya mengenal uang dan membelanjaknnya karena sebentar lagi sudah masuk SD. Biar nggak cuma senang punya uang dan bisa jajan, tapi bisa bertanggung jawab dengan apa yang dia miliki.

Advertisements

One Response to “UANG JAJAN”

  1. susyhessa Says:

    Uang jajanmu….mengatakan berapa umurmu….., anak lama….ya broooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: