Ketika Kami Nyebokin Siang Itu


Saya masih asyik mengajar pelajaran budi pekerti untuk anak-anak kelas kindergarten 1, sebutan untuk anak-anak TK kecil tiba-tiba partner kerja saya menghampiri dengan muka pucat,”Mr.Amos, Hisyam pup!” Saya jawab,”oh, ya tunggu sebentar miss…aku selesain dulu ini sama anak-anak ya?” Saya memberikan instruction sebentar dan segera saya tinggal berlari ke kelas.

Saya segeran mengecek, dan ternyata pup sudah naik dari diapers yang dipakai, bau segarrrr aroma itu mulai merebak dan mengepung seluruh ruangan kelas. Hahahahaha…saya sih masih tenang saja, saya angkat Hisyam, usianya sudah hampir tujuh tahun, namun karena terkena virus di otaknya, dia sekarang tidak bisa berjalan, dan berhubung badannya yang lumayan…lebih dari tigapuluh kilo saya kira, cukup membuat kerepotan partner saya yang baru saja bergabung dan tidak sekuat pria pendek dan kekar seperti saya. Saya angkat, kemudian saya bawa Hisyam ke toilet, mulailah operasi pembersihan.

Dari tingkat kesulitan, membuat dia berdiri tenang, membuka diapersnya sambil menahan bau itu sesuatu sekali. Ga bakalan bisa berkata,”maju mundur cantik…sueeeer!” Setelah berhasil membuka diapersnya, saya angkat ke atas toilet untuk dibersihkan, tangan kiri memegang badannya, sementara tangan kanan menyemprotkan air untuk membersihkan kotoran, dan…teriakan dan tangisannya semakin menjadi-jadi, sekarang Hisyam sudah berkurang kemampuannya untuk berbicara, jadi gantian partner saya memakai tangannya untuk membersihkan bagian belakang. Dirasa sudah bersih, saya berdirikan, ternyata sudah sampai dibagian depan juga kotorannya, walaaaah…jadi harus lagi-lagi dibersihkan. Setelah bersih, belum selesai disana. Tugas selanjutnya adalah memasangkan kembali diapers baru, ini juga butuh perjuangan…! Asli, kalau anda lihat mungkin akan seperti aksi para penyelamat korban bencana yang sedang terluka, gerak cepat dan tepat juga perhitungan yang matang harus dilakukan. Yeaaah…akhirnya selesai, dipakaikan celana, saya angkat kembali kekelas, saya dudukkan di karpet, dan selanjutnya saya mulai membersihkan toilet. Wow…hari yang indah sekali menurut saya!

Bersyukur, sebelum punya anak, saya sudah jadi assisten guru, belajar nyebokin anak orang yang pup, diawal-awal dulu rasanya nelangsa…ealah, mosok ya kerjaannya sampe segini amat. Tapi ternyata, masa-masa itu menjadi sangat berguna sekarang, saat punya anak juga tidak canggung lagi membersihkan kotoran anak saya.

Berbahagialah wahai para guru yang berkesempatan nyeboki muridmu, karena tanganmu yang pernah berlumur kotoran akan tergantikan dengan kebanggaan dan kebahagiaan nantinya, saat kau mengerti betapa mulia tugas itu, saat kau melihat betapa wajah yang penuh kelegaan setelah buang hajat itu menyunggingkan senyumannya lagi.

Jika anda membaca tulisan ini, dan belum pernah merasakan pengalamannya, cobalah sekali-sekali, anda akan menemukan pengalaman tak terlupakan dan mendapatkan penghargaan dari dirimu sendiri, dan mengingat betapa dulu orang tuamu berjuang dengan bau kotoranmu sedari bayi demi kebersihan dan kenyamananmu!

Selamat nyebokin!

4 Responses to “Ketika Kami Nyebokin Siang Itu”

  1. susyhessa Says:

    just wanna say….I am proud to be a teacher. Thanks to remind me….my broooo

  2. liza Says:

    LIKE THIS POST SO MUCH!
    terima kasih telah menyeboki anak2 ya, pak guru. We are proud of you.

  3. amos ve Says:

    Thanks komennya ms Susy dan ms Liza, kalian luar biasa…. #acungkanjempol

  4. Abraham Auw Says:

    I also have experienced like you Mr. Pendek dan Kekar…..Untung waktu itu di dalam tas, ada masker ijo royo-royo yang biasa aku pake buat naek motor. Cukup menyelamatkan hidungku dari aroma segar itu.

    But one day, I will be great daddy for my children.

    Thanks GURU

Leave a Reply

