Mie Ayam Pakde Tesi


“Raja itu akan menjawab, ‘Ketahuilah: pada waktu kalian tidak mau menolong salah seorang yang terhina ini, berarti kalian tidak mau menolong Aku.'” (Matius 25:45 BIS).

Saya dan istri sudah lama mengira orang ini sakit jiwa. Setiap pagi dan sore dia berjalan melewati jalan di tengah perkampungan, berputar dan bolak balik seperti tanpa tujuan dan kadang terlihat dari raut wajahnya seperti orang yang sedang mengalami depresi tingkat tinggi. Namun malam ini justru kami mendapatkan jawaban dari tanda tanya selama ini.

Tiba-tiba dia datang di tempat kami makan mie ayam malam itu dan menyodorkan sebungkus mie instan kepada penjual mie ayam. Dan kemudian terdengar percakapan diantara mereka, “memang dirumah kami nggak punya kompor?” tanya penjual mie ayam. “Laaah, boro-boro kompor pakdhe, rumah aja sampe mau rubuh, mana ada kompor di rumah?” Jawabnya. Kata si penjual mie ayam lagi,”lha iyo kalau nggak dibenerin bagaimana rumahnya nggak roboh!” Sambil tersenyum.

Lebih dari itu adalah, apa yang pakdhe penjual mie ayam ini lakukan. Dia melayani dengan baik laki-laki ini. Membuatkan mie rebus, menambahkan sayuran dan sedikit ayam dan membungkusnya dengan rapi, lalu menyerahkannya. Pelayanan yang baik, sebaik hatinya dengan ikhlas dan rela membantu orang yang bagi kami dengan salah prasangka menganggapnya sakit jiwa.

Saya tertegur dan belajar bahwa tindakan sederhana untuk menolong orang lain tanpa melihat keadaan, situasi dan kondisi alias tanpa syarat itu ternyata sederhana seperti menolong untuk membuatkan makan malam bagi orang lain. Yesus mengajarkan dengan jelas, menjadi penolong dan kepanjangan tangan-Nya untuk memperbaiki kehidupan orang lain, bahkan yang dianggap hina adalah tindakan mulia yang seharusnya saya bisa lakukan dengan sederhana, mudah dan tanpa prasyarat apapun juga. Terimakasih pakdhe sudah memberikan pelajaran berharga malam ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: